Sanitasi yang buruk menimbulkan kerugian ekonomi yang besar

Buruknya sanitasi lingkungan masyarakat berdampak buruk terhadap kematian anak dan balita. Menurut studi Bank Dunia tahun 2007, 19 persen kasus kematian anak di bawah usia 3 tahun (100.000 kematian anak balita) setiap tahun akibat diare. Secara umum, setiap tahun rata-rata 100.000 anak meninggal dunia karena diare di Indonesia. 273 balita(perhari), 11 nyawa balita [perjam]. Di dunia, diare adalah pembunuh balita tertinggi. Kematian balita akibat diare di Indonesia merupakan yang tertinggi kedua setelah malnutrisi. Bahkan kematian anak akibat malnutrisi juga tidak lepas dari serangan diare. Berdasarkan profil kesehatan Sulsel tahun 2011, sebanyak 25,2% anak meninggal karena diare. Hal ini menandakan bahwa kondisi sanitasi lingkungan di Sulsel masih rendah.

Dalam hitungan ekonomi, sanitasi yang buruk menimbulkan kerugian ekonomi yang besar. Banyak manusia sakit. Bukankah mereka harus mengeluarkan uang? Kalau yang sakit satu dua orang mungkin hitungan kerugiannya kecil. Tapi kan yang sakit di Indonesia ratusan ribu bahkan jutaan tiap tahun. Ada yang pernah menghitung Indonesia harus mengalami kerugian ekonomi akibat sanitasi buruk ini sebesar Rp 42,3 trilyun per tahun. Ini jumlah yang sangat besar. Kalau setiap tahun, kita harus mengeluarkan anggaran sebesar itu, maka porsi anggaran pembangunan yang lain akan terkurangi. Terus kapan kita akan maju, kalau kita tak bisa mengatasi masalah sanitasi ini. Sanitasi buruk akan membuat masyarakat kita terus terpuruk.

3 comments on “Sanitasi yang buruk menimbulkan kerugian ekonomi yang besar

  1. Sanitasi kadang dipandang sebelah mata sbg sesuatu yg tdk penting dan lebih mengutamakan kuratif. Pdhl sanitasi yg baik akan mencegah dari penyakit utamax yg berbasis lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s