Peluang Lulusan Kesehatan Lingkungan

Berbagai peluang lapangan pekerjaan terbuka luas bagi lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan sebagai pendidikan kedinasan. Di lingkungan Pemerintahan seperti Departemen Kesehatan untuk penempatan di Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Rumah Sakit maupun Puskesmas; Depdiknas sebagai staf pengajar, Bappedalda, dan lain-lain. Begitu pula di sektor swasta, seperti perusahaan pengalengan makanan dan minuman, pest control, hotel, perusahaan pertambangan seperti Pertamina, Free Port, PT. Inco memerlukan tenaga kesehatan lingkungan sebagai tenaga sanitasi.

Gelar/Sebutan : Ahli Madya Kesehatan Lingkungan
Alamat : Jl. Wijaya Kusuma I No.2 Makassar Telp. (0411) 853497

KOMPETENSI LULUSAN:

  1. Menemukan dan menganalisis pencemaran dan dampaknya terhadap lingkungan
  2. Mengaplikasikan standar kesehatan lingkungan hidup maupun lingkungan kerja.
  3. Mengenal teknologi penanganan kesehatan lingkungan
  4. Melakukan penyehatan lingkungan kerja.
  5. Melakukan penyehatan makanan dan minuman.
  6. Memberdayakan masyarakat dan melakukan penelitian di bidang kesehatan lingkungan.

PENDIDIKAN LANJUT

Sebagai Ahli Madya, lulusan Jurusan Kesehatan Lingkungan dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yakni ke Diploma IV pada Poltekkes Makassar jurusan Kesehatan Lingkungan dan Strata 1 Kesehatan Masyarakat (Public Health) di dalam negeri telah dibuka seperti Universitas Udayana, Universitas Airlangga, ITS, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, ITB, Universitas Hasanuddin dan dan Universitas Sumatera Utara.Untuk luar negeri beberapa negara yang sudah membuka kerjasama dengan Departemen Kesehatan RI untuk pendidikan lanjutan lulusan Kesehatan Lingkungan adalah : Malaysia, Singapura, Muangthai, Australia, Hawaii dan Amerika.

By

Zaenab

24 comments on “Peluang Lulusan Kesehatan Lingkungan

  1. saya lulusan dari kesehatan lingkungan th.2012.Dan sampai sekarang belum mendapatkan pekerjaan. Saya lulus dengan nilai IPK yang sangat memuaskan. Tolong informasi dan sarannya untuk peluang kerja. terimakasih.

    • Yah yg sabr, mungkin belum rezeki, tp jgn bosan untuk mencoba, krn ilmu yg anda miliki bs digunakan bukan hnya instansi pemerintah, swasta jg ok, di RS, Hotel, Perusahaan, berusaha sambil doa…Insya Allah akan atg apa yg anda inginkan mksi

      ________________________________

    • jamal ini teman sekelas saya rupanya hehehe mohon pencerahan dong , begitu lulus D3 kesling lanjut kuliah D4/S1 atau kerja dulu ? Dan prospek kerja nya bagaimana

  2. Dear Ibu Zaenab,
    Saya mencari mahasiswa lulusan kesehatan lingkungan untuk bekerja di Jakarta. Bisakah untuk diberikan referensinya? Terimakasih.

    • ibu Zaenab saya sedang mencari lowongan kerja, saya dari kesehatan lingkungan tp untuk saat ini blm dapat mohon infonya ya bu. apakah saya harus lanjut s1 dulu? terima kasih

  3. Tenaga Keseharan Lingkungan seperti apakah yg merekah butuhkan dalam sebuah pekerjaan/Kriteria nya?
    mohon responnya
    Saya juga Mahasiswi Kesling di palembang^^

  4. kalau mau lanjutin ke luar negeri bisa ngk buk …sebelumnya saya lulusan d3 kesehatan lingkungan?? dan gimana caranya..??

  5. Saya alumni dari kesehatan lingkungan Poltekkes Denpasar lulus th 2015 dengan IPK 3,51 namun sampai sekarang rasanya sulit sekali untuk mencari pekerjaan di bidang kesling.
    Mohon pencerahannya.

    Trims

  6. Bagi temanteman, alumni kesling yang belum mendapat pekerjaan, mungkin bias hadir pada seminar “Peluang dan Tantangan Tenaga Kesling di bidang industry dan jasa pada tgl 10 desember 2016 bertempat di aula bapelkes antang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s